Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono Belajar Puasa Daud Sejak Tahun Lalu, Apa Saja Sih Manfaatnya?


 


Jasa Skripsi Teknik Sipil - Selain cantik, istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono juga dikenal sebagai sosok yang bersahaja. Ia kerap membagikan amalan dan mengikuti kajian, khususnya selama bulan Ramadhan. 

Erina Gudono sempat mengaku jika dirinya kerap melakukan puasa Daud, bahkan selama menjalani prosesi pernikahannya di Yogyakarta dan Solo. Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengatakan jika ibadah ini sudah ia jalani sejak September tahun lalu. 

Meski begitu, dirinya mengaku masih dalam proses belajar dan masih belum terlalu rutin. Menurutnya, tak hanya puasa Daud, apapun ibadah puasa yang disarankan dalam agama Islam pasti memiliki banyak manfaat. 

Hal ini diungkap Erina Gudono untuk menjawab seorang warganet yang bertanya padanya soalnya puasa Daud yang ia jalani. 

Baca Juga:

Erina Gudono Beberkan Pertama Kali Kenal Suami, Kaesang Pangarep Sempat Minta Bantuan Bapaknya: Tapi Aku Skip! 

"Kak Erina sudah puasa Daud dari kapan?," kata warganet tersebut saat dikutip pada Sabtu (8/4/2023). 

"Aku puasa Daud masih belajar, baru sejak September tahun lalu. Belum rajin juga kok, aku banyak baca jenis puasa apapun (ramadhan, sunnah, daud dll) pasti banyak manfaatnya," pungkasnya.

Puasa Daud sendiri adalah puasa dengan cara pelaksanaan berselang-seling hari, satu hari puasa, dan hari berikutnya tidak. Ini adalah sebaik-baik puasa dan derajat puasa yang paling tinggi.

Puasa Daud adalah puasa yang paling disukai oleh Allah. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya,

“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).

Baca Juga:

Kaesang dan Marshel Widianto Sindir Halus Harta Ronaldo dengan Pegawai Eselon 3: Lamborghini!

Ketika kita mengerjakan segala sesuatunya yang diwajibkan serta di sunnah kan oleh Allah SWT, maka hal tersebut tidak akan sia-sia, karena didalam perintah untuk menjalankan puasa Daud maka tersimpan manfaat didalamnya, berikut merupakan manfaatnya, seperti dikutip Umma.

1. Mencegah Sering Sakit

Manfaat yang dirasakan oleh seseorang ketika menjalankan puasa Daud adalah membuat seseorang tersebut menjadi jarang sakit, karena puasa Daud diibaratkan sebagai sebuah imunitas bagi tubuh. Kondisi tubuh menjadi sehat terutama pada saluran pencernaan. Pada saat itu kondisi Nabi Daud juga selalu sehat dan jarang sakit.

2. Detoksifikasi

Puasa daud juga diyakini dapat dijadikan sebagai proses detoksifikasi bagi tubuh, jika puasa daud dapat dijalankan dengan rutin, maka dapat membuang segala jenis racun yang ada didalam tubuh dengan berpuasa Daud.

3. Menekan Hawa Nafsu

Ketika melaksanakan puasa Daud maka seseorang dapat mengontrol hawa nafsu itu sendiri. Hawa nafsu yang dimaksud tidak hanya nafsu syahwat atau gairah seks saja melainkan juga nafsu amarah dan dapat mengontrol amarah tersebut.

4. Menguatkan Fisik

Yang harus Anda ketahui adalah Nabi Daud merupakan nabi yang memiliki kekuatan fisik mengagumkan. Kekuatan fisik ini melengkapi perawakan tubuh tinggi dan pesona kharismatik. Bahkan dahulu Nabi Daud terkenal karena jarang sakit, hal tersebut karena Nabi Daud berpuasa.

5. Melatih Titik Optimal

Titik optimal merupakan titik yang paling baik untuk segala urusan termasuk kedalam urusan beribadah. Manfaat dari puasa daud adalah bisa berguna untuk melatih diri untuk melakukan segala sesuatu hal pada titik optimal.